Syarat dan Ketentuan Mengurus Sertifikat Laik Fungsi Rumah
Syarat dan Ketentuan Mengurus Sertifikat Laik Fungsi Rumah
Sertifikat Laik Fungsi (SLF) adalah dokumen yang menyatakan bahwa sebuah bangunan gedung telah memenuhi syarat kelaikan fungsi sesuai dengan peruntukannya. Sertifikat ini penting untuk dimiliki, terutama bagi pemilik rumah tinggal dengan luas tanah lebih dari 100 meter persegi dan jumlah lantai maksimal 3 lantai.
Baca Juga: jasa terbaik audit struktur bangunan
Lainnya: yuk mengenal jasa audit struktur bangunan
Manfaat Memiliki SLF Rumah
Memiliki SLF rumah memberikan beberapa manfaat, di antaranya:
- Meningkatkan nilai properti: SLF menjadi bukti bahwa rumah tersebut aman dan layak huni, sehingga dapat meningkatkan nilai jualnya di pasaran.
- Memudahkan proses jual beli rumah: Bank biasanya mensyaratkan SLF sebagai salah satu dokumen yang diperlukan untuk proses KPR.
- Memenuhi persyaratan legalitas bangunan: SLF merupakan dokumen yang diwajibkan oleh pemerintah sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 21 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bangunan Gedung.
Syarat Mengurus SLF Rumah
Berikut adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mengurus SLF rumah:
Persyaratan Administrasi:
- Surat permohonan SLF
- Fotokopi KTP pemohon
- Fotokopi bukti kepemilikan tanah (SHM/SHGB)
- Fotokopi Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
- Gambar bestek dan gambar As Built
- Daftar Simak Pemeriksaan Kelaikan Fungsi Bangunan Gedung
- Bukti pelunasan PBB
- Surat pernyataan kesanggupan pemenuhan persyaratan kelaikan fungsi
- Laporan hasil pemeriksaan kelaikan fungsi bangunan gedung
Baca Juga: analisis struktur bangunan
Lainnya: biaya IMB
Persyaratan Teknis:
- Bangunan harus sesuai dengan IMB dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Struktur bangunan harus aman dan kuat.
- Instalasi listrik, air, dan sanitasi harus sesuai dengan standar yang berlaku.
- Bangunan harus dilengkapi dengan sistem proteksi kebakaran yang memadai.
- Aksesibilitas bangunan harus sesuai dengan kebutuhan penyandang disabilitas.
Proses Mengurus SLF Rumah
Proses pengurusan SLF rumah dapat dilakukan melalui beberapa langkah berikut:
- Pemohon mengajukan surat permohonan SLF kepada dinas atau lembaga yang berwenang.
- Petugas dari dinas atau lembaga yang berwenang akan melakukan pemeriksaan kelaikan fungsi bangunan gedung.
- Jika bangunan memenuhi syarat, maka dinas atau lembaga yang berwenang akan menerbitkan SLF.
Biaya Mengurus SLF Rumah
Biaya mengurus SLF rumah bervariasi tergantung pada luas dan jenis bangunan.
Tips Mengurus SLF Rumah
Berikut adalah beberapa tips untuk mengurus SLF rumah:
- Siapkan semua dokumen yang diperlukan dengan lengkap dan benar.
- Ajukan permohonan SLF sesegera mungkin setelah bangunan selesai.
- Gunakan jasa tenaga ahli profesional untuk membantu proses pengurusan SLF.
Kesimpulan
Mengurus SLF rumah memang membutuhkan waktu dan usaha. Namun, manfaat yang diperoleh dari memiliki SLF rumah sepadan dengan usaha yang dikeluarkan.
Artikel Lainnya:
- penjelesan lengkap tentang slf
- jasa slf
Komentar
Posting Komentar